Wednesday, 16 October 2013

PESONA PANTAI KRAKAL


Bercerita tentang pengalaman liburan memang mengasyikan, sayapun bingung akan menceritakan pengalaman saya yang mana, tidak usah jauh-jauh, sayapun memilih menceritakan pengalaman saya liburan di pantai Krakal Yogyakarta karena pantai itu saynga asyik untuk di ceritakan. Bukan hanya itu saja, karena tidak lama saya baru saja mengunjungi pantai tersebut.


Pantai Krakal termasuk pantai yang indah bila dibandingkan dengan pantai-pantai yang terdapat di sepanjang pulau Jawa. Pantai ini menerima panas matahari dari pagi hinga petang hari sepanjang tahun. Angin laut yang berhembus sangat sejuk dan ombaknya cukup besar. Pantai Krakal memiliki tekstur yang landai dan berpasir putih yang terhampar lebih dari 5 kilometer. Pantai ini dikembangkan menjadi kawasan pantai dan perkampungan wisatawan, khususnya wisatawan asing.

Pantai Krakal terletak di Kampung Krakal Kelurahan Ngestirejo Kecamatan Tanjung Sari Kabupaten Gunungkidul, Yogyakarta atau 37 kilometer arah selatan dari pusat kota Wonosari. Pantai Krakal merupakan pantai yang luas dan terpanjang diantara pantai-pantai yang lain, dan terletak 2 km sebelah timur Pantai Drini. Pantai ini terletak disebelah timur pantai Baron dan Kukup.

Pada saat itu, saya dan keluarga saya berangkat dari kota Magelang kampung halaman saya menuju ke pantau Krakal tersebut. Perjalanan menuju ke pantai ini melintasi bukit-bukit kapur yang diselingi dengan teras-teras batu karang. Hal ini adalah ciri dari daerah karts yang dikelola penduduk. Berdasarkan penelitian geologis, pada zaman dulu daerah Krakal merupakan dasar dari lautan yang oleh proses pengangkatan, dasar laut ini semakin lama semakin meninggi dan akhirnya muncul sebagai dataran tinggi. Batu-batuan karang yang nampak pada waktu itu, merupakan bekas rumah binatang karang yang hidup di lautan saat itu.

Pantai Krakal dapat dicapai melalui jalan sepanjang 6 kilometer dari kawasan pantai Kukup. Boleh dibilang bahwa pantai ini menjadi rangkaian terakhir setelah berkunjung ke pantai Baron dan Kukup. Jarak pantai ini dari kota Jogja kurang lebih 65 kilometer yang dapat ditempuh dalam waktu kurang lebih 3 jam.

Disini pemandangan alamnya sungguh luar biasa,karena adanya perpaduan antara karang dan pantai yang berpasir putih, juga banyak terdapat ikan-ikan kecil yang bisa kita lihat di sepanjang pantai, tak heran jika banyak yang mencari ikan hias dipantai ini sambil membawa jaring kecil yang dibeli dari pedagan di pantai ini.




Pasirnya yang putih dan karangnnya yang di sekitar pantai menyimpan berbagai jenis fauna, ketia saya senang sekali, dan tidak sabar untuk menginjakkan kaki saya di sekitar karang, pada pijakan pertama saya menginjak terumbu karnag di sekitar pantai, kaki saya menginjak jenis fauna ulat bulu laut, rasannya sakit, dan bulu ulat menempel di kaki saya, saya. Penglaman saya merupakan pelajaran buat pembaca sekalian, bahwa berhati-hatilah ketika menginjak terumbu karang di sekitar pantai.



Selain memiliki kecantikan yang eksotik, Krakal ternyata menyembunyikan ombak yang cocok untuk bermain selancar. Surfer harus berjalan menuju ke deretan batu karang di lepas pantai untuk kemudian menyongsong ombak bertipe reef break yang cukup menantang. Dasar lautnya didominasi oleh karang sehingga surfer harus ekstra hati-hati. Dry season antara bulan Maret dan September adalah waktu terbaik untuk menunggubarrel di Krakal.




Jika kita berjalan ke arah Timur, kita akan bertemu dengan tebing karang kecil. Di tebing karang inilah pasir putih berakhir. Tidak usah kecewa. Kita bisa berbelok ke kiri. Di sana kita akan menjumpai sebuah cekungan. Meski kecil, cekungan ini sangat eksotik. Ada sdikit pasir di atas batu karang landai yang menyembul. Dari sekungan ini kita bisa memandang air laut membiru dan bukit karang yang berada agak di tengah laut. Benar-benar luar biasa. Posisi cekungan ini lebih rendah dari daratan sehingga tidak terlihat dengan jelas. Selain itu, cekungan ini juga dikepung oleh tanaman bakau. Anda bisa berjemur di tempat ini dengan nyaman.





Pantai Krakal yang kaya akan keindah pesona lautnya yang dikelilingi dengan batu tumbuh karang serta keindahan hewan lautnya seperti bintang laut, ikat-ikan, batu karang, rumput laut dan lain-lainya harus di ketahui oleh wisatwan lokal dan mancanegara, agar Pantai Krakal bisa menjadi salah satu pilihan tempat wisata di Indonesia. Pemerintah setempat di dukung dan bekerja samadengan Menteri Pariwisata harus cepat tanggap guna mensosialisasikan dan mengembangkan Pantai Krakal agar dapat menarik wisatawan lokal dan mancanegara.
  
Deaerah sekitar Pantai Krakal juga harus di kelola dengan baik seperti membangun hotel atau tempat penginapan serta di bangun transportasi darat guna memudahkan wisatawan sampai ke lokasi.
  
Pantai Krakal yang memiliki keindahan alamnya jangan di abaikan, akan tetapi harus di sosialisasikan, diberdayagunakan oleh pemerintah daerah bekerjasama dengan pemerintah pusat khususnya Mentri Pariwisata. Semoga Pantai Krakal bisa menjadi lokasi tujuan wisawatan lokal dan mancanegara serta dapat mengharumkan nama Indonesia di mata dunia khususnya bidang pariwisata.

Demikian cerita singkat mengenai salah satu pantai yang indah di selatan ini menurut pengalaman pribadi saya.

2 comments: